RSS

Mind Mapping/Pemetaan Fikiran

17 Jan

unduhan (1)Minds Mapping (pemetaan pikiran) merupakan bentuk dari teknik membuat catatan. Ada banyak ide yang terus berputar di otak kita. Ada berpuluh masalah menggelayut di benak, menunggu segera diselesaikan.
Ada bermacam persoalan emosional yang seringkali mereduksi perasaan.
Kita perlu sesuatu agar semua persoalan, ide, rencana, kegundahan, dapat keluar dari memori otak, sehingga bisa segera disistematisir. Sesuatu itu adalah minds mapping.
Pemetaan pemikiran baik untuk menyusun sebuah rencana baik itu rencana pribadi, keluarga maupun institusi. Bahkan bisa menjadi media pengumpulan ide (brainstorming) sekaligus mengikatnya.Minds mapping memudahkan Anda membuat sistem atau alur kerja termasuk menulis artikel dan buku.

Minds mapping bisa menjadi semacam outline artikel. Sebelum dikembangkan ke dalam bentuk outline deskriptif.  Dibandingkan dengan model pencatatan biasa (tradisonal) minds mapping lebih bisa meningkatkan daya ingat Anda, dari sisi penggunaan waktu juga hemat. Mendapatkan lebih kesempatan untuk menyelesaikan banyak hal, menemukan solusi terbaik dari masalah Anda. Semua tersusun lebih teratur, imajinatif, logis, dan tentu saja menyenangkan.

Pemetaan Pikiran ( Minds Mapping) adalah  suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. Metode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris.
Upaya Tony Buzan sebenarnya muncul dari pengamatannya dalam bidang perkembangan teknologi komputer pada tahun 1971. Tony Buzan berpikir, “kenapa komputer perlu manual memakai ribuan lembar untuk dapat beroperasi?” tetapi “Kenapa manusia sebagai makhluk berpikir bisa jauh lebih hebat.
Tanpa manual manusia bisa melakukan rekayasa dan tindakan yang dahsyat, misalnya mengubah dunia?”.
Perbedaan kemampuan antara komputer dan manusia itu Tony Buzan kemudian mengeksplorasi daya pikir manusia dengan merekayasa model pengembangan potensi manusia yang disebutnya Pemetaan Pikiran.
Pemetaan Pikiran saat ini sudah dikenal luas di berbagai bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM). Penerapannya mencakup manajemen organisasi, penulisan, pembelajaran, pengembangan diri, dll.
Namun, yang paling potensial adalah dalam bidang pengembangan diri.

Prinsip Dasar

Pemetaan pikiran menggunakan teknik curah gagasan dengan menggunakan kata kunci bebas, simbol, gambar, dan melukiskannya secara kesatuan di sekitar Tema Utama seperti pohon dengan akar , ranting, dan daun-daunnya. Tahap pertama setelah tema ditentukan dan kata kunci hasil curah gagasan dituliskan, dilukis, dan ditandai dengan warna atau simbol tertentu adalah menyusun ulang kata kunci tersebut. Kemudian proses curah gagasan diteruskan kembali secara bebas. Kata kunci yang digunakan disarankan hanya satu kata tunggal.
Tony Buzan mengusulkan menggunakan struktur dasar Pemetaan Pikiran sebagai berikut :
Mulai dari tengah dengan gambar Tema, gunakan minimal 3 warna.
Gunakan gambar, simbol, kode, dan dimensi diseluruh Peta Pikiran yang dibuat.
Pilih kata kunci dan tulis dengan huruf besar atau kecil .
Tiap kata/gambar harus sendiri dan mempunyai garis sendiri.

Garis-garis itu saling dikaitkan, mulai dari tengah yaitu gambar Tema Utama. Garis bagian tengah tebal, organis, dan mengalir dari pusat keluar, menjulur seperti akar, atau pancaran cahaya.
Buat garis sama panjangnya dengan gambar/kata.
Gunakan warna sebagai kode rahasia sendiri di peta pikiran yang dibuat.
Kembangkan gaya penuturan, penekanan tertentu, dan penampilan khas di Peta Pikiran yang dibuat.
Jadi peta pikiran setiap orang tidak harus sama, meskipun tema yang dibahas sama.
Gunakan kaidah asosiasi di peta pikiran yang dibuat.
Biarkan peta pikiran itu jelas, menggunakan hirarki yang runtun, urutan yang jelas dengan jangkauan sampai ke cabang-cabang paling ujung.
Dengan cara yang lebih bebas, warna-warni, dan gambar, pemetaan pikiran menjadi berbeda dengan metode curah gagasan yang sudah dikenal luas.
Hasilnya bisa mencengangkan karena dapat menemukan solusi inovatif untuk suatu Tema Utama yang menjadi fokus perhatian. Selain itu, pemetaan pikiran juga dapat mengidentifikasi masalah di bagian sub-tema yang disusun oleh kata kunci hasil curah gagasan.
Cara termudah untuk mempelajari Peta Konsep adalah dengan memulai membiasakan diri dari mengubah catatan dalam bentuk linier ke dalam bentuk peta konsep.

Penerapan Praktis

Beberapa penerapan praktis pemetaan pikiran diulas oleh Joyce Wycoff dalam buku “Menjadi Superkreatif Dengan Pemetaan Pikiran”. Delapan manfaat pemetaan pikiran yang dijelaskan oleh Wycoff untuk pengembangan diri antara lain:

  • Pertama, dalam bidang penulisan.
  • Kedua, bidang manajemen projek.
  • Ketiga, untuk memperkaya kegiatan curah gagasan.
  • Keempat, untuk mengefektifkan rapat.
  • Kelima, menyusun daftar tugas.
  • Keenam, melakukan presentasi yang dinamis.
  • Ketujuh, membuat catatan yang memberdayakan diri.
  • Kedelapan, untuk mengenali diri.

Meskipun demikian, sebenarnya banyak sekali penerapan praktis metode pemetaan pikiran misalnya untuk mengatasi kelemahan karena kurang suka membaca.
Dalam Blog ini saya mencoba menggunakan metoda mind map untuk membuat catatan kimia yang bisa dipakai untuk siswa SMA ataupun untuk mahasiswa. Mudah-mudahan dapat membantu dalam pemahaman kimia, walaupun tentunya akan sangat lebih baik kalau peta pikiran ini dibuat sendiri.

images (24)

Sebaiknya anda juga membaca buku “Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran” karya Joyce Wycoff terbitan Kaifa.
Buku ini membicarakan tentang metode mindmapping yang dulu konsep ini digagas oleh Tony Buzan.

Mengapa harus memakai pemetaan pikiran ?

Dalam hal ini metode pemetaan pikiran akan lebih cepat mengembangkan kreativitas dalam berfikir, karena minds mapping ini tidak dibatasi oleh aturan-aturan yang baku atau formal. Mungkin saja minds mapping ini mirip dengan outlining tetapi lebih menarik secara visual.

Dalam pemetaan pimikiran tidak ada aturan seperti dalam outlining, dimana anda tidak harus mengikuti format yang kaku dengan huruf besar, angka, penomoran romawi, dan lain-lain. informasi juga mengatur dirinya sendiri dalam kelompok-kelompok sendiri saat mengalir dari pikiran ke lembaran kertas. Pemetaan pikiran adalah cara yang sangat baik untuk menghasilkan dan menata gagasan sebelum memulai menulis. Pemetaan pikiran bisa dikatakan jaminan hilangnya rintangan yang dihadapi penulis.

Pemetaan pikiran telah membantu ribuan orang lebih memahami cara pikiran mereka bekerja. Dengan demikian mereka lebih produktif saat menangani proyek, pidato, presentasi dan rapat. Disamping itu, pemetaan pikiran juga memberikan kedalaman dan warna pada penulisan, dengan mudah mengatasi hambatan bagi para penulis. Alat bantu sederhana membuat orang lebih menghargai pengalaman dan perspektif khas masing-masing.

Dengan minds mapping penulis pemula dapat mengembangkan ide-ide kreatifnya tanpa harus berfikir darimana mereka harus memulai menulis. Dan juga tanpa harus menyusun pokok-pokok pikiran sehingga satu dengan yang lain saling berhubungan. Hal tersebut memang bagus, tetapi hal tersebut juga akan dapat menghambat pemikiran kreatif. Coba bandingkan metode pemetaan pikiran dengan metode outlining dengan melihat gambar dibawah ini :

unduhan (2)

Seperti yang dilihat pada gambar bahwa metode pemetaan pikiran lebih efektif apabila dibandingkan dengan metode outlining. Mari kita mencoba untuk belajar mencoba dalam segala hal melalui minds mapping sehingga dapat memberikan efektivitas yang lebih.akurat dan efisien.

Bagaimana dengan Anda.?
Apakah Anda tertarik mencobanya.?
Semoga Bermanfaat.
Amiiin.

Terima Kasih karena telah sudi mampir ke Blog sederhana ini.

Andai berkenan berilah satu komen termanis mu.. hehehe..

Padahal Tulisan ini tersimpan di konsep Blog lebih dari setahun yang lalu, maklumlah.. terkadang kita sendiri punya Mood yang berbeda pada saat tertentu, Namun hari ini saya rasa sesuai untuk menerbitkannya dalam Rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional 2-Mei-2013, yang kemaren Kementeriannya gagal dalam melaksanakan UN secara serempak secara Nasional dan mengundang berbagai Polemik dan komentar-komentar miring mengenai itu”  … Bye…

Wassalam..

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 17, 2012 in Gaya Hidup, Ilmu Pengetahuan

 

Tag: , , , ,

One response to “Mind Mapping/Pemetaan Fikiran

  1. Lala Adilla N

    Mei 26, 2015 at 2:26 am

    Terima kasih untuk sharing ilmu nya…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: